RANGKUMAN MATERI UNTUK UJIAN TAP (TUGAS AKHIR PROGRAM)
MATERI TAP
TUGAS AKHIR PROGRAM
PROSEDUR PELAKSANAAN KEGIATAN PENGEMBANGAN
KELOMPOK BERMAIN (KB)
Peserta didik: anak usia 2-4 tahun jumlah minimal 10 anak
Waktu: 2 jam sehari (pukul 07.00-10.00)
TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA)
Peserta didik: bayi 1-2,5 tahun, kelompok kecil 2,5-3,25 tahun, kelompok besar 3,5-5 tahun.
Pengasuh :
Bayi 6-12 bulan 1 pengasuh untuk 3 bayi
Bayi 13 – 36 bulan : 1 pengasuh untuk 7 anak
Bayi 37-60 bulan : 1 pengasuh untuk 12 anak
Bayi 61 – 72 bulan : 1 pengasuh untuk 20 anak
TAMAN KANAK-KANAK
Rombongan belajar untuk kelompok usia 4-6 tahun adalah 15 anak/kelompok.
Usia 4-6 tahun 1 guru maksimal menangani 15 anak.
Minimal layanan 15 jam per minggu
MODEL PENGEMBANGAN
SUDUT
Dalam satu kelas, terdapat sudut-sudut kegiatan bermain. Kegiatan yang ada pada sudut kegiatan dapat diganti disesuaikan dengan tema dan subtema yang dibahas
AREA
Memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih kegiatan sendiri sesuai dengan keinginannya.
SENTRA
Pembelajaran yang dilakukan di dalam lingkaran circle time dan sentra bermain lingkaran adalah saat dimana pendidik duduk melingkar bersama anak untuk memberikan pijakan (scafholdings): PIJAKAN LINGKUNGAN MAIN, PIJAKAN SEBELUM ANAK MAIN, PIJAKAN SELAMA MAIN, PIJAKAN SESUDAH MAIN
Sentra bermain adalah zona atau arena bermain anak yang dilengkapi dengan alat bermain untuk mengembangkan seluruh potensi dasar anak secara seimbang.
STRATEGI PEMBELAJARAN TK
Jenis-jenis strategi pembelajaran umum di TK
1. Meningkatkan keterlibatan indera
2. Mempersiapkan syarat lingkungan
3. Analisis tugas
4. Bantuan orang yang lebih berpengalaman (scaffolding)
5. Praktik terbimbing
6. Undangan atau ajakan
7. Refleksi tingkah laku
8. Refleksi kata-kata
9. Contoh (modelling)
10. Penghargaan efektif
11. Menceritakan/menjelaskan / menginformasikan
12. Do it signal
13. Tantangan
14. Pertanyaan
15. Kesenyapan
Strategi pembelajaran khusus di TK
1. Kegiatan eksploratori
2. Penemuan terbimbing
3. Pemecahan masalah
4. Diskusi
5. Belajar kooperatif
6. Demonstrasi
7. Pengajaran langsung
METODE PEMBELAJARAN DI PAUD
1. Bermain
2. Bercerita
3. Bernyanyi
4. Karyawisata
DAP (DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE)
Adalah pendekatan yang digunakan untuk melihat anak sebagai individu yang unik. 3 dimensi DAP yaitu kesesuaian usia, kesesuaian individu, dan kesesuaian sosial budaya.
Tujuan DAP adalah untuk memusatkan perhatian pada segala ssuatu yang kita kethui tentang anak sebagai individu yang unik dan berbeda satu sama lain.
KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK
KETERANGAN |
2-3 TAHUN (TODDLER) |
3-4 TAHUN (KB) |
4-6 TAHUN (TK) |
FISIK |
Pertumbuhan tinggi dan berat lebih cepat |
|
|
MOTORIK KASAR |
|
|
|
MOTORIK HALUS |
Gambar berupa coretan/scribble garis vertikal.zig zag |
Menggambar bentuk lingkaran, kotak, segitiga |
Gambar menyerupai bentuk sebenarnya. |
PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK
TEORI :
Psikososial erikson : kematangan fisik mempunyai dampak personal dan sosisal. Kematangan yang dicapai membawa keterampilan baru yang membuka banyak kemungkinan baru tetapi juga meningkatkan tuntuan masyarakat tehadap anak.
TAHAPAN PSIKOSOSIAL ERIKSON :
TAHAP |
USIA |
|
TRUST VS MISTRUST |
0-1 TAHUN |
RASA PERCAYA DAN TIDAK PERCAYA IBU DAN ANAK |
AUTONOMY VS SHAME AND DOUBT |
2-3 TAHUN |
Rasa malu dan ragu , kecemasan berpisah dari orang tua, takt tidak dapat mengomtrol BAB serta kehilangan harga dirinya ketika mengalamani kegagalan. |
INITITIVE VS GUILT |
4-5 TAHUN |
Inisiatif dalam mengerjakan sesuatu dan perasaan bersalah akan sesuatu. |
Hierarki Kebutuhan manusia maslow : kebutuhan dasar manusia harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum manusia memenuhi kebutuhan lainnya yang lebih tinggi. Tingkatan terdiri dari:
1. Kebutuhan fisiologis; makanan, air, dan oksigen
2. Kebutuhan rasa aman; perlindungan, kebebasan, peperangan, terorisme, penyakit, ketakutan, bahaya, kekacauan, bencana alam.
3. Kebutuhan cinta dan perasaan;
4. Kebutuhan akan penghargaan; penghargaan diri, kepecayaan, dan pengetahuan
5. Kebutuhan aktualisasi diri; pemenuhan diri, keinginan menjadi kreatif.
Parten mengkategorikan bermain sosial dan non sosial
1. Unoccupied behavior : anak mengamati hal yang menarik dilihat
2. Onlooker behavior : mengamati anak lain bermain, berbicaram bertanya, membuat tulisan tidak ikut bermain
3. Solitary independent play : anak main sendiri dengan mainan yang berbeda dari anak lain
4. Parallel play; anak bermain dengan permainan yang sama tetapi bermain sendiri-sendiri.
5. Associative play; anak bermain dengan anak lain, saling berinteraksi tidak ada pembagian tugas dan aturan.
6. Cooperative play; bekerja sama, ada pembagian tugas dan peran.
PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI
Perkembanan moral anak menurut kolhberg:
1. Tingkat prakonvensional ;2-6 tahun anak belum mampu mengadopsi kesepakatan masyarakat mengenai benar dan salah
2. Tingkat konvensional :
3. Postkonvensional;
TEORI PSIKOLOGI KOGNITIF
MENURUT PIAGET perkembangan kognitif memiliki tahap perkembangan:
TAHAP |
UMUR |
CARA BERPIKIR |
SENSORIMOTOR |
0-2 TAHUN |
Memahami dunia melalui tindakan fisik terhadap rangsangan dari luar. |
PRAOPERASIONAL |
2-6 TAHUN |
Berpikir simbolik dan bahasa mulai jelas terlihat untuk menggambarkan objek dan kejadian cara berpikir belum logis, bermain pura-pura, khayal. |
OPERASIONAL KONKRET |
6-12 TAHUN |
|
OPERASI FORMAL |
12 TAHUN – DEWASA |
|
TEORI KOGNITIF VYGOTSKY
Interaksi sosial merupakan kunci dari anak belajar, dan kelas merupakan salah satu bentuk komunitas dimana anak belajar.
Zone of Proximal Develpment (ZPD) adalah zona yang dimiliki anak diantara perkembangan aktual dengan tingkat perkembangan potensial lebih tinggi.
KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN BAHASA
TEORI Bromley menyatakan bahwa memiliki 4 aspek yaitu
Aspek bahasa |
|
Sifat |
Lisan |
tulis |
|
Menyimak |
Membaca |
Reseptif (pemahaman) |
Berbicara |
menulis |
Ekspresif (menyatakan) |
Umur |
Mendengar dan memahami |
Berbicara atau menanggapi |
0-3 bulan |
Diam mendengar suara Memperhatikan dan merespons ketika diajak berbicara |
Tersenyum, tertawa Suara ocahan (cooing) |
4-6 bulan |
Menggerakkan mata dan kepala ke sumber suara Memperhatikan sumber suara |
Menggumam (babbling) |
7-1 tahun |
Menikmati permainan, mengenali kata sederhana, nama benda, |
Babbling, meniru suara, menggunakan gerakan. |
1-2 tahun |
Mulai mengikuti dan mendengarkan pemintaan dan lagu |
Mengucap kata pertama, kata sederhana, kosakata meningkat. |
2-3 tahun |
Mulai bisa mengikuti 2 perintah |
Mulai menggabungkan kata menjadi kalimat pendek, sering bertanya, menyanyikan lagu sederhana, menggunakan bahasa nonverbal kompleks. |
3-4 tahun |
Merespon suara, Mendengar dua suara berbeda Memahami pertanyaan mengapa, siapa |
Bercerita kegiatan harian, bicara semakin jelas, mengucap kalimat lengkap, mengucap kalimat tanpa perlu pengulangan |
4-5 tahun |
Mendengar dan memahami pertanyaan orang lain Rentang perhatian semakin bik dapat memperhatikan cerita dengan serius, mengajukan pertanyaan Berbicara dan memotong pembicaraan orang lain |
Bicara semakin jelas, kalimat lebih rinci, bercerita tentang suatu hal, mengucap bunyi, menghafal lagu. |
6-10 tahun |
Kosakata meningkat, meniru kata baru, memahami arti bahasa |
Menanyakan arti kata, menjelaskan arti, gaya bicara seperti orang dewasa. |
PERKEMBANGAN SENI ANAK PAUD
TEORI LOWENFELD & BRITTAIN:
Tahap perkembangan visual art
Usia |
Tahap |
Keterangan |
2-3 tahun |
Scribbling |
Memasukkan alat tulis kemulut, coretan acak, garis zig zag tidak beraturan. |
3-4 tahun |
Preschematic |
Menggambar apa yang mereka lihat, mulai terlihat apa yang mereka pikirkan. Terdiri dari lingkaran yang belum sempurna bentuknya, dan 2 garis dibawah lingkaran. |
6-7 tahun |
Schematic |
Menggambar lebih detail |
TAHAP PERKEMBANGAN MUSIK DAN GERAKAN
USIA |
SAAT MENDENGAR MUSIK |
BAYI 0-2 TAHUN |
Melihat ke arah suara Bergerak/ bertepuk tangan. Mulai mencari yang dapat menghasilkan suara/musik. |
TPA 2-3 TAHUN |
Mulai menari mengikuti irama |
KB 3-4 TAHUN |
Berekspresi dengan musik,
|
TK 4-6 TAHUN |
Mendiskusikan musik, menceritakan musik. Koordinasi gerakan sesuai ritme Belajar menari. |
TAHAP PERKEMBANGAN KEGIATAN DRAMA
USIA |
KEGIATAN DRAMA |
TPA (2-3 TAHUN) |
Menyadari fantasi dan realitas berbeda, namun masih samar |
KB (3-4 TAHUN) |
Bisa membedakan apa yang terlihat dan apa yang sebenarnya |
TK (4-6 TAHUN) |
JENIS KEGIATAN BERMAIN
Bermain fungsional: kegiatan bermain yang ditandai dengan gerakan otot berulang-ulang (motor play).
Bermain konstruktif : kegiatan bermain menggunakan objek atau bahan tertentu untuk membentuk sesuatu. Misal: balok, kardus, menggambar, melukis, membenyuk lilin, play dough.
Bermain simbolik : bermain khayal atau pura-pura.
TEORI MULTIPLE INTELEGENSI
OLEH HOWARD GARDNER, melihat anak sebagai individu yang unik. Ada berbagai variasi belajar dan setiap variasi belajar memiliki cara pandangan dan evaluasi yang berbeda.
9 kecerdasan dalam teori kecerdasan majemuk yaitu:
Kecerdasan |
Keterangan |
Verbal linguistik |
Kemampuan dalam aspek bahasa lisan aupun tertulis, cerdas kata. |
Matematis logis |
Kemampuan menggunakan angka logika berpikir. |
Visual spasial |
Kecerdasan gambar, kecerdasan pandang ruang. kemampuan mempresentasikan dunia visual spasial secara akurat dalam bentuk-bentuk |
Musikal |
Kemampuan mempersepsi dan memahami, mencipta, dan menyajikan bentuk-bentuk musikal. |
Kinestetetik |
Kemampaun menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan. Ketangkasan tubuh dalam memahami perintah otak. |
Interpersonal |
Kemampuan mempersepsikan dan membedakan suasana hati, maksud, motivasi, serta perasaan orang lain. Serta memberikan respon secara tepat. |
Naturalis |
Keahlian mengenali dan mengkategorikan spesies, mengolah, memanfaatkan. Dan melestarikan. |
Intrapersonal |
Memahami diri sendiri dan bertindak erdasarkan pemahaman tersebut. Kelebihan dan kelemahan diri. |
Ekstensial |
Kemampuan menempatkan diri dalam jangkauan wilayah cosmos terjaduh dan paling ekstensial. Makna kehidupan, makna dunia, Menjadi pemikir hal hal besar (pemimpin) |
TEKNIK PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
1. OBSERVASI
a. Jurnal refleksi : pencatatan dalam diary anak bersifat pribadi
b. Catatan anekdot : pencatatan kejadian detail pada satu anak melibatkan latar blakang, aksi, reaksi anak.
c. Ceklist : daftar kriteria penilaian berdasar indikator penilaian kemampuan yang diberi option ya atau tidak
d. Perhitungan frekuensi : pencatatan yang menentukan seringnya tingkah laku terjadi dan digunakan.
e. Pencatatan waktu (time sampling) : pencattan kegiatan bermain bebas setiap 5 menit dalam setengah jam untuk menyimpulkan daya tarik, kemampuan, fokus perhatian, kegemaran permainan, tahapan permainan sosial anak
f. Skala penilaian (rating scale) : kriteria penilaian yang diatur berdasarkan tahapan atau kualitas jangkauan perkembangan misal : belum berkembang, mulai berkembang, berkembang sangat baik, berkembang sesuai harapan.
g. Hasil karya (work sample) : koleksi hasil karya anak yang menggambarkan kesimpulan tentang perkembangan anak.
2. WAWANCARA
Tanya jawab untuk memperoleh informasi tentang suasana dan pikiran anak. hasil wawancara dicatat dengan tulisan atau alat pendengar
Soal TAP
Berdasarkan ilustrasi di atas, menurut Anda sudah sesuaikah pengembangan ...
Kegiatan pengembangan yang dilakukan oleh .... belum semuanya sesuai untuk mengembangkan motorik kasar dan halus anak usia ....
Yang telah sesuai ialah ...
Yang belum sesuai ialah ...
Identifikasi 2 kelemahan dan 2 kelebihan pembelajaran yang telah dilakukan oleh ...
Berikut ini kelebihan dan Kelemahan yang dilakukan bu Della saat kegiatan pembelajaran
Identifikasi masalah
1. Pada saat kegiatan..., anak tidak ....
a. Analisis masalah
Dari kelima masalah yang teridentifikasi, masalah yang akan menjadi fokus untuk dipecahkan ialah kurangnya ...
Masalah tersebut mungkin dapat disebabkan oleh ....
b. Rumusan masalah
Bagaimana meningkatkan kemampuan ... anak kelompok .. di TK/KB/TPA ... melalui kegiatan ..... ?
Ketika membuat rumusan perhatikan bidang pengembangan, usia dan kegiatan yang akan dilakukan.
c. Tujuan perbaikan
meningkatkan kemampuan ... anak kelompok .. di TK/KB/TPA ... melalui kegiatan .....
d. Rencana kegiatan
Rencana Kegiatan Perbaikan Pengembangan yang akan dilakukan adalah sebagai berikut.
SKH KE |
PEMBUKAAN |
INTI |
PENUTUP |
1 |
|
|
|
Format RKH
SKH KE |
Kegiatan |
Alat dan Bahan |
Penilaian |
|
Perkembangan Anak |
KBM |
|||
1
|
Penyambutan Anak Pembukaan Diluar kelas - Di dalam kelas - Berdo’a - Mengucap salam - Bernyanyi - Bercakap-cakap tentang Inti - Penutup - - menanyakan kegiatan apa yang telah dilakukan - kegiatan apa yang disukai - apa yang dirasakan selama kegiatan - berdoa - mengucap salam |
-
|
|
|
Skenario Perbaikan
Tujuan Perbaikan : ...
Siklus ke : 1 (satu)
Hari/Tanggal : ....
Hal yang diperbaiki/ditingkatkan :
A. Kegiatan pengembangan I (Pembukaan)
§ Judul kegiatan ...
§ Pengelolaan kelas
a. Penataan ruang : meja dan kursi ...
b. Pengorganisasian anak : posisi anak ...
§ Langkah – langkah perbaikan
1. Guru
2. Guru
3. Guru
4. Guru
B. Kegiatan Pengembangan II (Inti)
C. Kegiatan pengembangan III (penutup)
Rangkum STTPA setiap tingkatan umur
Tingkatan usia |
Tingkat pencapaian 6 aspek: |
2-3 tahun (TPA) |
Berjalan, melompat, meremas, melihat, meniru, mengikuti, mencontoh, tepuk tangan. |
3-4 tahun (KB) |
Berdiri dengan satu kaki, meroncen, menggunting, menyebutkan, mengerjakan, menjawab, menggambar, membentuk, pura-pura membaca, meceritakan sederhana, meniru, mulai memahami |
4-5 tahun (TK A) |
Mengucap, membiasakan, melakukan, meniru, membuat, menjiplak, mengontorl, mengekspresikan, mengenal, menggunakan, mengkreasikan, mengklasifikasikan, menguturkan, membilang, mengeal konsep, mengulang, mengungkapkan, menceritakan, memilih, mendeskripsikan, mengkombinasikan, membedakan, mengontorl, menunjukkan. |
5-6 (TK B) |
Mengerjakan, terampil, menerapkan, menyelesaikan masalah, mencocokkan, menyusun kalimat, memahami, menaati, menyanyikan, melukasi, membuat karya. |
TEMA-TEMA
1. DIRIKU
Subtema: identitasku, tubuhku, kesukaanku
2. KELUARGAKU
Subtema: anggota keluarga, profesi anggot keluargaku
3. LINGKUNGANKU
Subtema: rumahku, sekolahku
4. BINATANG
Subtema: binatang air, darat, udara,
5. TANAMAn
Subtema: buah, sayur, hias, obat,
6. KENDARAAN
Subtema: kendaraan darat,air, udara.
7. ALAM SEMESTA
Subtema: benda alam semeta, benda langit, gejala alam
8. NEGARAKU
Subtema: tanah airku
Komentar
Posting Komentar