RANGKUMAN MATERI UNTUK UJIAN TAP (TUGAS AKHIR PROGRAM)

 

MATERI TAP

TUGAS AKHIR PROGRAM

 

PROSEDUR PELAKSANAAN KEGIATAN PENGEMBANGAN

KELOMPOK BERMAIN (KB)

Peserta didik: anak usia 2-4 tahun jumlah minimal 10 anak

Waktu: 2 jam sehari (pukul 07.00-10.00)

TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA)

Peserta didik: bayi 1-2,5 tahun, kelompok kecil 2,5-3,25 tahun, kelompok besar 3,5-5 tahun.

Pengasuh :

Bayi 6-12 bulan 1 pengasuh untuk 3 bayi

Bayi 13 – 36 bulan : 1 pengasuh untuk 7 anak

Bayi 37-60 bulan : 1 pengasuh untuk 12 anak

Bayi 61 – 72 bulan : 1 pengasuh untuk 20 anak

TAMAN KANAK-KANAK

Rombongan belajar untuk kelompok usia 4-6 tahun adalah 15 anak/kelompok.

Usia 4-6 tahun 1 guru maksimal menangani 15 anak.

Minimal layanan 15 jam per minggu

 

MODEL PENGEMBANGAN

SUDUT

Dalam satu kelas, terdapat sudut-sudut kegiatan bermain. Kegiatan yang ada pada sudut kegiatan dapat diganti disesuaikan dengan tema dan subtema yang dibahas

AREA

Memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih kegiatan sendiri sesuai dengan keinginannya.

SENTRA

Pembelajaran yang dilakukan di dalam lingkaran circle time dan sentra bermain lingkaran adalah saat dimana pendidik duduk melingkar bersama anak untuk memberikan pijakan (scafholdings): PIJAKAN LINGKUNGAN MAIN, PIJAKAN SEBELUM ANAK MAIN, PIJAKAN SELAMA MAIN, PIJAKAN SESUDAH MAIN

Sentra bermain adalah zona atau arena bermain anak yang dilengkapi dengan alat bermain untuk mengembangkan seluruh potensi dasar anak  secara seimbang.

 

STRATEGI PEMBELAJARAN TK

Jenis-jenis strategi pembelajaran umum di TK

1.      Meningkatkan keterlibatan indera

2.      Mempersiapkan syarat lingkungan

3.      Analisis tugas

4.      Bantuan orang yang lebih berpengalaman (scaffolding)

5.      Praktik terbimbing

6.      Undangan atau ajakan

7.      Refleksi tingkah laku

8.      Refleksi kata-kata

9.      Contoh (modelling)

10.  Penghargaan efektif

11.  Menceritakan/menjelaskan / menginformasikan

12.  Do it signal

13.  Tantangan

14.  Pertanyaan

15.  Kesenyapan

 

Strategi pembelajaran khusus di TK

1.      Kegiatan eksploratori

2.      Penemuan terbimbing

3.      Pemecahan masalah

4.      Diskusi

5.      Belajar kooperatif

6.      Demonstrasi

7.      Pengajaran langsung

METODE PEMBELAJARAN DI PAUD

1.      Bermain

2.      Bercerita

3.      Bernyanyi

4.      Karyawisata

 

DAP (DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE)

Adalah pendekatan yang digunakan untuk melihat anak sebagai individu yang unik. 3 dimensi DAP yaitu kesesuaian usia, kesesuaian individu, dan kesesuaian sosial budaya.

Tujuan DAP adalah untuk memusatkan perhatian pada segala ssuatu yang kita kethui tentang anak sebagai individu yang unik dan berbeda satu sama lain.

 

KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK

KETERANGAN

2-3 TAHUN (TODDLER)

3-4 TAHUN (KB)

4-6 TAHUN (TK)

FISIK

Pertumbuhan tinggi dan berat lebih cepat

 

 

MOTORIK KASAR 

 

 

 

MOTORIK HALUS

Gambar berupa coretan/scribble garis vertikal.zig zag

Menggambar bentuk lingkaran, kotak, segitiga

Gambar menyerupai bentuk sebenarnya.

 

PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK

TEORI :

Psikososial erikson : kematangan fisik mempunyai dampak personal dan sosisal.  Kematangan yang dicapai membawa keterampilan baru yang membuka banyak kemungkinan baru tetapi juga meningkatkan tuntuan masyarakat tehadap anak.

TAHAPAN PSIKOSOSIAL ERIKSON :

TAHAP

USIA

 

TRUST VS MISTRUST

0-1 TAHUN

RASA PERCAYA DAN TIDAK PERCAYA IBU DAN ANAK

AUTONOMY VS SHAME AND DOUBT

2-3 TAHUN

Rasa malu dan ragu , kecemasan berpisah dari orang tua, takt tidak dapat mengomtrol BAB serta kehilangan harga dirinya ketika mengalamani kegagalan.

INITITIVE VS GUILT

4-5 TAHUN

Inisiatif dalam mengerjakan sesuatu dan  perasaan bersalah akan sesuatu.

 

Hierarki Kebutuhan manusia maslow : kebutuhan dasar manusia harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum manusia memenuhi kebutuhan lainnya yang lebih tinggi.  Tingkatan terdiri dari:

1.       Kebutuhan fisiologis; makanan, air, dan oksigen

2.       Kebutuhan rasa aman; perlindungan, kebebasan, peperangan, terorisme, penyakit, ketakutan, bahaya, kekacauan, bencana alam.

3.       Kebutuhan cinta dan perasaan;

4.       Kebutuhan akan penghargaan; penghargaan diri, kepecayaan, dan pengetahuan

5.       Kebutuhan aktualisasi diri; pemenuhan diri, keinginan menjadi kreatif.

Parten mengkategorikan bermain sosial dan non sosial

1.       Unoccupied behavior : anak mengamati hal yang menarik dilihat

2.       Onlooker behavior :  mengamati anak lain bermain, berbicaram bertanya, membuat tulisan tidak ikut bermain

3.       Solitary independent play : anak main sendiri dengan mainan yang berbeda dari anak lain

4.       Parallel play; anak bermain dengan permainan yang sama tetapi bermain sendiri-sendiri.

5.       Associative play; anak bermain dengan anak lain, saling berinteraksi tidak ada pembagian tugas dan aturan.

6.       Cooperative play; bekerja sama, ada pembagian tugas dan peran.

 

PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI

Perkembanan moral anak menurut kolhberg:

1.       Tingkat prakonvensional ;2-6 tahun anak belum mampu mengadopsi kesepakatan masyarakat mengenai benar dan salah

2.       Tingkat konvensional :

3.       Postkonvensional;

TEORI PSIKOLOGI KOGNITIF

MENURUT PIAGET perkembangan kognitif memiliki tahap perkembangan:

TAHAP

UMUR

CARA BERPIKIR

SENSORIMOTOR

0-2 TAHUN

Memahami dunia melalui tindakan fisik terhadap rangsangan dari luar.

PRAOPERASIONAL

2-6 TAHUN

Berpikir simbolik dan bahasa mulai jelas terlihat untuk menggambarkan objek dan kejadian cara berpikir belum logis, bermain pura-pura, khayal.

OPERASIONAL KONKRET

6-12 TAHUN

 

OPERASI FORMAL

12 TAHUN – DEWASA

 

 

TEORI KOGNITIF VYGOTSKY

Interaksi sosial merupakan kunci dari anak belajar, dan kelas merupakan salah satu bentuk komunitas dimana anak belajar.

Zone of Proximal Develpment (ZPD) adalah zona yang dimiliki anak diantara perkembangan aktual dengan tingkat perkembangan potensial lebih tinggi.

KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN BAHASA

TEORI Bromley menyatakan bahwa memiliki 4 aspek yaitu

Aspek bahasa

 

Sifat

Lisan

tulis

 

Menyimak

Membaca

Reseptif (pemahaman)

Berbicara

menulis

Ekspresif (menyatakan)

 

Umur

Mendengar dan memahami

Berbicara atau menanggapi

0-3 bulan

Diam mendengar suara

Memperhatikan dan merespons ketika diajak berbicara

Tersenyum, tertawa

Suara ocahan (cooing)

4-6 bulan

Menggerakkan mata dan kepala ke sumber suara

Memperhatikan sumber suara

Menggumam (babbling)

7-1 tahun

Menikmati permainan, mengenali kata sederhana, nama benda,

Babbling, meniru suara, menggunakan gerakan.

1-2 tahun

Mulai mengikuti dan mendengarkan pemintaan dan lagu

Mengucap kata pertama, kata sederhana, kosakata meningkat.

2-3 tahun

Mulai bisa mengikuti 2 perintah

Mulai menggabungkan kata menjadi kalimat pendek, sering bertanya, menyanyikan lagu sederhana, menggunakan bahasa nonverbal kompleks.

3-4 tahun

Merespon suara,

Mendengar dua suara berbeda

Memahami pertanyaan mengapa, siapa

Bercerita kegiatan harian, bicara semakin jelas, mengucap kalimat lengkap, mengucap kalimat tanpa perlu pengulangan

4-5 tahun

Mendengar dan memahami pertanyaan orang lain

Rentang perhatian semakin bik dapat memperhatikan cerita dengan serius, mengajukan pertanyaan

Berbicara dan memotong pembicaraan orang lain

Bicara semakin jelas, kalimat lebih rinci, bercerita tentang suatu hal, mengucap bunyi, menghafal lagu.

6-10 tahun

Kosakata meningkat, meniru kata baru, memahami arti bahasa

Menanyakan arti kata, menjelaskan arti, gaya bicara seperti orang dewasa.

 

PERKEMBANGAN SENI ANAK PAUD

TEORI LOWENFELD & BRITTAIN:

Tahap perkembangan visual art

Usia

Tahap

Keterangan

2-3 tahun

Scribbling

Memasukkan alat tulis kemulut, coretan acak, garis zig zag tidak beraturan.

3-4 tahun

Preschematic

Menggambar apa yang mereka lihat, mulai terlihat apa yang mereka pikirkan.

Terdiri dari lingkaran yang belum sempurna  bentuknya, dan 2 garis dibawah lingkaran.

6-7 tahun

Schematic

Menggambar lebih detail

 

TAHAP PERKEMBANGAN MUSIK DAN GERAKAN

USIA

SAAT MENDENGAR MUSIK

BAYI 0-2 TAHUN

Melihat ke arah suara

Bergerak/ bertepuk tangan. Mulai mencari yang dapat menghasilkan suara/musik.

TPA 2-3 TAHUN

Mulai menari mengikuti irama

KB 3-4 TAHUN

Berekspresi dengan musik,

 

TK 4-6 TAHUN

Mendiskusikan musik, menceritakan musik.

Koordinasi gerakan sesuai ritme

Belajar menari.

 

TAHAP PERKEMBANGAN KEGIATAN DRAMA

USIA

KEGIATAN DRAMA

TPA (2-3 TAHUN)

Menyadari fantasi dan realitas berbeda, namun masih samar

KB (3-4 TAHUN)

Bisa membedakan apa yang terlihat dan apa yang sebenarnya

TK (4-6 TAHUN)

 

JENIS KEGIATAN BERMAIN

Bermain fungsional: kegiatan bermain yang ditandai dengan gerakan otot berulang-ulang (motor play).

Bermain konstruktif : kegiatan bermain menggunakan objek atau bahan tertentu untuk membentuk sesuatu. Misal: balok, kardus, menggambar, melukis, membenyuk lilin, play dough.

Bermain simbolik : bermain khayal atau pura-pura.

TEORI MULTIPLE INTELEGENSI

OLEH HOWARD GARDNER, melihat anak sebagai individu yang unik. Ada berbagai variasi belajar dan setiap variasi belajar memiliki cara pandangan dan evaluasi yang berbeda.

9 kecerdasan dalam teori kecerdasan majemuk yaitu:

Kecerdasan

Keterangan

Verbal linguistik

Kemampuan dalam aspek bahasa lisan aupun tertulis, cerdas kata.

Matematis logis

Kemampuan menggunakan angka logika berpikir.

Visual spasial

Kecerdasan gambar, kecerdasan pandang ruang. kemampuan mempresentasikan dunia visual spasial secara akurat dalam bentuk-bentuk

Musikal

Kemampuan mempersepsi dan memahami, mencipta, dan menyajikan bentuk-bentuk musikal.

Kinestetetik

Kemampaun menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan. Ketangkasan tubuh dalam memahami perintah otak.

Interpersonal

Kemampuan mempersepsikan dan membedakan suasana hati, maksud, motivasi, serta perasaan orang lain. Serta memberikan respon secara tepat.

Naturalis

Keahlian mengenali dan mengkategorikan spesies, mengolah, memanfaatkan. Dan melestarikan.

Intrapersonal

Memahami diri sendiri dan bertindak erdasarkan pemahaman tersebut. Kelebihan dan kelemahan diri.

Ekstensial

Kemampuan menempatkan diri dalam jangkauan wilayah cosmos terjaduh dan paling ekstensial. Makna kehidupan, makna dunia, Menjadi pemikir hal hal besar (pemimpin)

 

TEKNIK PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

1.      OBSERVASI

a.       Jurnal refleksi : pencatatan dalam diary anak bersifat pribadi

b.      Catatan anekdot : pencatatan kejadian detail pada satu anak melibatkan latar blakang, aksi, reaksi anak.

c.       Ceklist : daftar kriteria penilaian berdasar indikator penilaian kemampuan yang diberi option ya atau tidak

d.      Perhitungan frekuensi : pencatatan yang menentukan seringnya tingkah laku terjadi dan digunakan.

e.       Pencatatan waktu (time sampling) : pencattan kegiatan bermain bebas setiap 5 menit dalam setengah jam untuk menyimpulkan daya tarik, kemampuan, fokus perhatian, kegemaran permainan, tahapan permainan sosial anak

f.       Skala penilaian (rating scale) : kriteria penilaian yang diatur berdasarkan tahapan atau kualitas jangkauan perkembangan misal : belum berkembang, mulai berkembang, berkembang sangat baik, berkembang sesuai harapan. 

g.      Hasil karya (work sample) : koleksi hasil karya anak yang menggambarkan kesimpulan tentang perkembangan anak.

 

2.      WAWANCARA

Tanya jawab untuk memperoleh informasi tentang suasana dan pikiran anak. hasil wawancara dicatat dengan tulisan atau alat pendengar

 

Soal TAP

Berdasarkan ilustrasi di atas, menurut Anda sudah sesuaikah pengembangan ...

Kegiatan pengembangan yang dilakukan oleh .... belum semuanya sesuai untuk mengembangkan motorik kasar dan halus anak usia ....

Yang telah sesuai ialah ...

Yang belum sesuai ialah ...

Identifikasi 2 kelemahan dan 2 kelebihan pembelajaran yang telah dilakukan oleh ...

Berikut ini kelebihan dan Kelemahan yang dilakukan bu Della saat kegiatan pembelajaran

Identifikasi masalah

1.      Pada saat kegiatan..., anak tidak ....

 

a.      Analisis masalah

Dari kelima masalah yang teridentifikasi, masalah yang akan menjadi fokus untuk dipecahkan ialah kurangnya ...

Masalah tersebut mungkin dapat disebabkan oleh ....

 

b.      Rumusan masalah

Bagaimana meningkatkan kemampuan ... anak kelompok .. di TK/KB/TPA ... melalui kegiatan ..... ?

 

Ketika membuat rumusan perhatikan bidang pengembangan, usia dan kegiatan yang akan dilakukan.

 

c.       Tujuan perbaikan

meningkatkan kemampuan ... anak kelompok .. di TK/KB/TPA ... melalui kegiatan .....

d.      Rencana kegiatan

Rencana Kegiatan Perbaikan Pengembangan yang akan dilakukan adalah sebagai berikut.

SKH KE

PEMBUKAAN

INTI

PENUTUP

1

 

 

 

 

Format RKH

SKH KE

Kegiatan

Alat dan Bahan

Penilaian

Perkembangan Anak

KBM

1

 

Penyambutan Anak

Pembukaan

Diluar kelas

-

Di dalam kelas

- Berdo’a

- Mengucap salam

- Bernyanyi

- Bercakap-cakap tentang

Inti

-

Penutup

-

- menanyakan kegiatan apa yang telah dilakukan

- kegiatan apa yang disukai

- apa yang dirasakan selama kegiatan

- berdoa

- mengucap salam

 

 

 

 

 

 

 

-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Skenario Perbaikan

Tujuan Perbaikan   : ...

Siklus ke                 : 1 (satu)

Hari/Tanggal           : ....

 

Hal yang diperbaiki/ditingkatkan   :

A.    Kegiatan pengembangan I (Pembukaan)

§  Judul kegiatan ...

§  Pengelolaan kelas

a.       Penataan ruang : meja dan kursi ...

b.      Pengorganisasian anak : posisi anak ...

§  Langkah – langkah perbaikan

1.      Guru

2.      Guru

3.      Guru

4.      Guru

B.     Kegiatan Pengembangan II (Inti)

C.    Kegiatan pengembangan III (penutup)

 

Rangkum STTPA setiap tingkatan umur

Tingkatan usia

Tingkat pencapaian 6 aspek:

2-3 tahun (TPA)

Berjalan, melompat, meremas, melihat, meniru, mengikuti, mencontoh, tepuk tangan.

3-4 tahun (KB)

Berdiri dengan satu kaki, meroncen, menggunting, menyebutkan, mengerjakan, menjawab, menggambar, membentuk, pura-pura membaca, meceritakan sederhana, meniru, mulai memahami

4-5 tahun (TK A)

Mengucap, membiasakan, melakukan, meniru, membuat, menjiplak, mengontorl, mengekspresikan, mengenal, menggunakan, mengkreasikan, mengklasifikasikan, menguturkan, membilang, mengeal konsep, mengulang, mengungkapkan, menceritakan, memilih, mendeskripsikan, mengkombinasikan, membedakan, mengontorl, menunjukkan.

5-6 (TK B)

Mengerjakan, terampil, menerapkan, menyelesaikan masalah, mencocokkan, menyusun kalimat, memahami, menaati, menyanyikan, melukasi, membuat karya.

 

TEMA-TEMA

1.       DIRIKU

Subtema: identitasku, tubuhku, kesukaanku

2.       KELUARGAKU

Subtema: anggota keluarga, profesi anggot keluargaku

3.       LINGKUNGANKU

Subtema: rumahku, sekolahku

4.       BINATANG

Subtema: binatang air, darat, udara,

5.       TANAMAn

Subtema: buah, sayur, hias, obat,

6.       KENDARAAN

Subtema: kendaraan darat,air, udara.

7.       ALAM SEMESTA

Subtema: benda alam semeta, benda langit, gejala alam

8.       NEGARAKU

Subtema: tanah airku

Komentar

Postingan Populer